Cara ngeprint pada Ms. Excel agar dokumen tidak terpotong - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Cara ngeprint pada Ms. Excel agar dokumen tidak terpotong



Siapa sih yang tidak tahu Ms. Excel? Terlalu kalau sampai tidak tahu.  Tapi pertanyaan sebenarnya adalah apakah Anda dapat menggunakan Ms. Excel? Pasti banyak yang menjawab tidak bisa. Padahal kalau diperhatikan, Ms. Excel merupakan salah satu aplikasi perkantoran yang paling sering digunakan. Jadi, sangat tidak baik bila kita tidak dapat menggunakannya. 

Sebagai bocoran saja, bila kita melamar ke sebuah perusahaan besar, dan bagian yang kita ambil adalah administrasi maka saat tes Anda akan diminta mengerjakan soal menggunakan Ms. Excel dalam waktu yang sudah ditentukan. Itu adalah pengalaman saya melamar sebagai Account Executive pada sebuah perusahaan. Dan waktu itu, saya diterima. Apakah Anda siap?

Disamping itu, penggunaan Ms. Excel sangat berbeda dengan Ms. Word, terutama saat kita memerlukan perhitungan pada table yang kita buat, selain itu kita juga akan lebih mudah dalam pembuatan grafik-grafik bila diperlukan.

Sebagai bagian akhir dari pengerjaan tugas atau laporan menggunakan Ms. Excel adalah print atau pencetakan. Yang sering menjadi masalah adalah hasil print yang dikeluarkan sering terpotong. Memang, ngeprint menggunakan Ms. Excel tidak seperti penggunaan Ms. Word yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Hasil kerjaan kita yang masih berupa file tidak serta merta langsung bisa diprint sesuai dengan data yang ditampilkan pada layar monitor Anda. Untuk itu kami di sini mencoba membantu Anda mengenai cara ngeprint pada Ms. Excel agar dokumen yang dihasilkan tidak terpotong.


Langkah-langkah ngeprint pada Ms. Excel

Pertama : buka file Ms. Excel yang akan Anda print.







Kedua : Sortir semua bagian yang akan di print, lalu pada menu Page Layout pilih Print Area + Set Print Area. 

 Ketiga : Pada size pilih ukuran kertas sesuai keperluan Anda. Umumnya adalah ukuran A4 / Kuarto.

Keempat : Tekan Page Break Preview. Maka akan terlihat pembagian-pembagian kertas yang akan di print. Yang kita perlukan adalah dokumen tersebut di print pada satu kertas saja.


Kelima :sekarang tekan Ctrl + P, akan terlihat bahwa jumlah halaman yang akan di print adalah 6 halaman.

Keenam : Pilih Page setup + Fit To 1,Margin, pilih orientation landscape

Ketujuh : isi semua field dengan nilai 0.2 seperti pada gambar, lalu centang horizontally dan vertically pada center on page. Kemudian tekan OK.

 Kedelapan : Dokumen siap di print pada kertas A4 tanpa terpotong.

Sekian postingan kami kali ini mengenai cara ngeprint dokumen pada Ms. Excel. Pada postingan kami selanjutnya kami akan memberikan penjelasan-penjelasan lain mengenai penggunaan Ms. Excel. Semoga postingan kami kali ini bermanfaat bagi Anda yang belum tahu cara ngeprint menggunakan Ms. Excel.

No comments:

Post a Comment