Cara membuat daftar isi otomatis pada Ms. Word - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Cara membuat daftar isi otomatis pada Ms. Word

Kembali bersama kami..

Ms. Word adalah salah satu aplikasi yang terdapat pada Ms. Office. Sebenarnya Ms. Office adalah salah satu aplikasi standar yang seharusnya benar-benar kita kuasi. Karena aplikasi ini pasti sering digunakan saat kita memasuki dunia kerja

Ada banyak menu yang dapat digunakan pada Ms. Word seperti yang kami sampaikan sebelumnya yaitu mengenai pembuatan page number secara otomatis. Postingan kali ini kami akan menyampaikan cara membuat daftar isi secara otomatis.

Dengan latar belakang fotocopy dan pengetikan, seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa kami sangat sering menerima orderan untuk mengedit file-file dokumen Ms. Word. Fakta yang sering kami temukan adalah bahwa pembuatan daftar isi adalah salah satu masalah dalam pembuatan dokumen. Mungkin salah satunya adalah kesulitan membuat titik-titik agar rapih, membuat halaman yang sejajar dan lain-lain. Namun hal tersebut biasanya ditemukan pada pembuatan daftar isi secara manual. Namun kesulitan itu tidak di temukan pada pembuatan daftar isi otomatis seperti yang akan kami jelaskan berikut.

Memang tidak banyak yang tahu cara pembuatan daftar isi otomatis pada Ms. Word, bahkan rental pengetikan sekalipun belum tentu pernah menggunakannya. Padahal dengan pembuatan daftar isi secara otomatis, kita tidak perlu lagi menulis atau pun mengcopy judul-judul bab maupun subbabnya. Karena hal tersebut sangat memakan waktu.

Ok, kita tidak usah berlama-lama sehingga kesannya bertele-tele serta menggurui. Kami tidak menggurui, kami hanya berbagi ilmu yang kami ketahui. 



Baiklah ini lah langkah-langkah dalam pembuatan daftar isi otomatis pada Ms. Word :

Pertama : buka file Ms. Word yang sudah lengkap dengan isinya.

Kedua : buatlah sebuah halaman kosong dengan menggunakan “break”  bila anda menggunakan halaman otomatis, bila anda belum tahu silahkan membaca postingan kami yang terkait mengenai pembuatan halaman otomatis. Berilah judul Daftar Isi.




Baca juga :

 
Ketiga : pada halaman daftar isi pilih menu References + Table of Contents + Automatic Table 2. Maka akan ditunjukkan hasil seperti gambar dibawah ini.
 
 
Pada halaman tersebut terlihat bahwa daftar isi yang kita buat masih kosong. Hal ini disebabkan karena memang tidak ada parameter yang dimasukkan kedalamnya.

Keempat : Sortir pada setiap halaman yang akan di masukkan ke dalam daftar isi. Misalnya : Judul Bab, dan Judul Subbabnya seperti gambar dibawah ini.
 

Selanjutnya
 
Kelima : Pada menu home, pilih Heading 1. Untuk mengatur posisi sesuai yang kita inginkan, Klik kanan pada heading 1 tersebut + modify.
 
 
Keenam : pada halaman daftar isi, klik update table + update entire table, maka akan muncul daftar isi seperti pada gambar.

Kita tinggal mengatur posisi dari daftar isi tersebut serta menambahkan bab-bab serta subbab yang ingin kita masukkan kedalam daftar isi tersebut. Sehingga hasil akhirnya seperti ditunjukkan pada gambar.
 

Perbedaannya dengan daftar isi manual adalah bila kita mengarahkan cursor mouse ke daftar isi tersebut, maka akan terjadi perubahan warna (gambar 1). Bila ada perubahan atau tambahan atau pengurangan ataupun pergantian pada bab ataupun subbab, maka kita tinggal mengupdate table yang telah kita buat tadi.

Bagaimana ? cukup mudah bukan untuk membuat daftar isi otomatis pada Ms. Word.semoga postingan kami kali ini bermanfaat bagi yang belum tahu menjadi tahu.


No comments:

Post a Comment