Pengertian Ring Binder secara sederhana. - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Pengertian Ring Binder secara sederhana.



JILID SPIRAL/RING BINDER
Setelah kami membahas mengenai pengertian cara jilid sebelumnya yaitu pengertian jilidlakban/biasa dan pengertian jilid sambung, pada artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian ring binder secara sederhana.

Ring binder terdiri dari dua jenis yaitu ring binder plastik dan ring binder kawat. Pemilihan bahan yang digunakan biasanya sesuai dengan keperluan. Sebagian besar ring binder plastik digunakan untuk tugas kuliah atau draft laporan para pemborong yang dikumpulkan ke kantor-kantor dinas. Sedangkan ring binder kawat banyak digunakan untuk pembuatan kalender, undangan, buku dan lain-lain. 

Nama lain ring binder adalah spiral. Sesuai namanya jilid spiral adalah proses penjilidan atau penyatuan atau perekatan dokumen dengan bahan berbentuk spiral (ring binder). Ukuran ring binder yang digunakan pada jilid spiral  juga bermacam-macam. Berikut kami sampaikan ukuran-ukuran ring binder untuk jilid spiral.

UKURAN RING BINDER

Pemilihan ukuran spiral yang kurang tepat menyebabkan hasil yang kurang baik. Misalnya saja untuk dokumen dengan ketebalan sekitar 20 lembar sebaiknya menggunakan ringbinder berukuran 16 mm sampai 19 mm, bila anda menggunakan ring binder berukuran lebih besar maka hasilnya akan longgar, sebaliknya jika menggunakan ring binder yang terlalu kecil maka ring binder tidak dapat di tutup dan dapat menyebabkan dokumen terbongkar saat dibuka.

Yang pertama kali dilakukan saat menjilid spiral adalah meratakan dokumen, lalu melubanginya sesuai ukuran kertas dengan menggunakan alat jilid spiral khusus (kawat untuk kawat, plastik untuk plastik). Harga ring binder berbeda untuk setiap ukurannya, misalnya untuk ring binder plastik mulai dari Rp. 1.500 satu pasang berukuran panjang 1,2 meter. Namun biasanya fotocopy menetapkan harga jasa jilid spiral antara Rp. 8.000 sampai Rp. 15.000. Nilai yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan modal pembelian bahan bakunya.


Kenapa margin keuntungan yang ditetapkan sangat jauh?
 
Hal itu disebabkan karena berbagai pertimbangan, misalnya alat yang digunakan untuk menjilid memiliki harga yang lumayan mahal dan teknik pengerjaannya memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi dari pada jilid lakban atau jilid sambung, disamping itu menurut penilaian kami hasil jilid menggunakan ring binder memiliki tampilan yang lebih bagus dan elegan dibandingkan degan jilid lainnya. Untuk alat jilid yang digunakan pun berbeda untuk ukuran tertentu ring binder yang digunakan. Kondisi seperti ini sangat berbeda sekali dengan jilid langsung atau jilid sambung yang masih dapat dilakukan secara manual tanpa menggunakan alat yang bermodal tinggi. 

Pada postingan kami kali ini, kami tidak akan membahas mengenai teknik pengerjaan jilid spiral itu sendiri, karena akan kami jelaskan secara rinci mengenai teknik pengerjaannya pada postingan kami yang selanjutnya.

Kami rasa cukup dulu untuk pengertian ring binder atau yang biasa kita kenal dengan jilid spiral. Semoga postingan sederhana ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment