Cara membuat cover dengan photosop - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Cara membuat cover dengan photosop

COVER DENGAN PHOTOSOP

Cara membuat cover dengan photosop merupakan tema yang kami angkat pada postingan kali ini. 

Usaha fotocopy yang menerima jasa jilid tidak lengkap rasanya bila tidak bisa menggunakan photosop. Aplikasi photosop yang kami gunakan dalam pembuatan cover adalah photosop CS3. Kami rasa dalam usaha fotocopy tools yang disediakan photosop CS3 sudah cukup lengkap.

Fungsi utama aplikasi photosop adalah sebagai tools editor photo, salah satunya adalah membuat vector dari file photo. Namun dapat pula digunakan untuk pembuatan cover buku atau pun tugas kuliah.Kami menyarankan menggunakan photosop karena tools yang disediakan sangat friendly dan mudah difahami. 

Sebelumnya kami juga membahas mengenai pembuatan cover dengan Ms. Office (Word). Kelebihan photosop dibandingkan dengan Ms. Word yaitu dari layer-layer yang digunakan. Maksudnya, misalnya untuk pembuatan cover diperlukan pembatas kiri, pembatas kanan, pembatas bawah, pembatas atas, dan pembatas-pembatas lainnya. Pada photosop,kita tidak perlu melakukan delete pada layer-layer yang telah selesai digunakan, kita tinggal klik pada layer visibility agar layer-layer yang tidak digunakan untuk keperluan mencetak tidak ikut tercetak. Jadi bila diperlukan lagi, tinggal dimunculkan kembali, sehingga tidak perlu membuat ulang.

Pada postingan kali ini, kami akan menjelaskan langkah demi langkah pembuatan cover dengan menggunkan photosop.










Buka aplikasi photosop Anda.

Klik pada menu file, pilih New atau tekan Ctrl+N. Maka akan muncul tap seperti gambar

Ubah pixel menjadi cm, pada width masukkan nilai 42, pada height masukkan nilai 29.7, resolution 72, color mode RGB color 8 bit, Background content pilih transparent lalu ok. 














Beri nama layer background. Tampilan akan muncul seperti pada gambar.












Lalu pada menu layer, pilih new + layer, atau menekan Shift+Ctrl+N, akan muncul tab seperti pada gambar, klik ok. 

Beri nama coverdepan1.















Pada layer tersebut aktifkan rectangular marquee tool atau tekan M.


Lalu klik kiri pada layer coverdepan1 dan sortir kira-kira separuh ukuran background. 

Kemudian aktifkan paint bucket tool atau menekan G. pilih warna putih. Lalu klik pada layer yang sudah disortir tadi. Sehingga hasilnya seperti pada gambar. 

Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan sortiran.


Tahap selanjutnya adalah membuat layer-layer pembatas.














Tekan Ctrl+N (width = 42, height = 29.7, resolution 72, color mode RGB color 8 bit). 

Kemudian warnai dengan menekan G, disini kami memberi warna merah. Restore Down layer tesebut sehingga terlihat dua layer terpisah, kemudian pindahkan pada layer background dengan menggunakan move tool (V). beri nama layer tersebut pembatas 21.5 cm.













Dengan cara yang sama buat lagi pembatas dengan ukuran 2 cm berwarna biru untuk membedakan dengan pembatas yang lainnya. Beri nama pembatas 2 cm. lanjutkan dengan pembatas berukuran 3 cm. Buat pembatas sesuai kebutuhan. Lalu grup layer pembatas dengan menekan Ctrl+G beri nama grup pembatas.
Berikutnya adalah mengatur ukuran layer cover depan. Pilih layer coverdepan1 tekan Ctrl+T lalu sesuaikan ukuran sesuai pembatas yang telah dibuat seperti pada gambar. 















Kemudian hilangkan visibility pada grup pembatas sehingga hasilnya menjadi seperti pada gambar.














Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Horizontal Type Tool (T).

Silahkan ketik judul cover sesuai kebutuhan. Tekan Ctrl+D.

Sampai tahap ini, pembuatan cover depan sudah selesai. Bila tidak diperlukan tulisan pada cover bagian sisi, maka bisa langsung di cetak menggunakan printer ukuran A3.Namun bila diperlukan tulisan pada sisi cover maka kami akan meneruskan penjelasannya pada langkah selanjutnya.

Sebelum melanjutkan langkah berikutnya. Perlu kami sampaikan bahwa pembuatan cover bagian sisi pada postingan khusus untuk keperluan jilid langsung dan softcover. Untuk jilid hardcover digunakan metode yang sedikit berbeda dalam pembuatan covernya.

Kami lanjutkan pada langkah selanjutnya yaitu membuat tulisan pada bagian sisi cover.














Aktifkan kembali layer pembatas kemudian letakkan pada posisi seperti pada gambar 

Pembatas hijau 4 cm dari layer coverdepan1, pembatas biru 3 cm dari atas layer background, pembatas kuning 3 cm dari bawah layer background. Pembatas biru berukuran 2 cm (sesuai ketebalan dokumen yang akan di jilid nantinya).

 Pilih layer coverdepan1, tekan  Ctrl+J, tekan Ctrl+T, geser pada posisi diantara layer pembatas biru, pembatas hijau dan pembatas kuning untuk lebih jelasnya lihat pada gambar. Lalu sesuaikan ukuran layer tersebut selebar pembatas biru.














Kemudian aktifkan Horizontal Marque Tool. Tulis sesuai kebutuhan. Lalu tekan Ctrl+T putar tulisan 90 derajat ke kanan, letakkan di atas layer coversisi yang telah di buat. Penampakkannya seperti pada gambar.

Bila semua langkah sudah dilakukan maka cover siap diprint pada kertas A3.


Demikian postingan kami kali ini. Masih banyak cara lain dalam membuat cover. Walaupun ini adalah cara penggunaan photosop dasar, tapi kami harap dapat membantu kelancaran dalam menjalankan usaha kita bersama. 

Postingan kami ini adalah original buatan fotocopy brother, jika ada perbedaan cara dalam penggunaan aplikasi photosop itu memang murni kesengajaan kami..salam brother!!

No comments:

Post a Comment