Cara Membuat Nomor Halaman (page number) Berbeda Otomatis pada Ms. Word - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Cara Membuat Nomor Halaman (page number) Berbeda Otomatis pada Ms. Word



Selamat pagi brother. Sekarang kami akan membagikan cara membuat nomor halaman yang berbeda pada ms word. Sebenarnya postingan ini sudah dirancang dari dua hari yang lalu.

Sebagai pelaku usaha fotocopy yang dilengkapi dengan pengetikan, kami sering sekali menerima orderan edit dokumen dari kalangan pelajar atau mahasiswa. Salah satunya adalah membuat nomor halaman atau page number. Yang sering kami temukan adalah bahwa nomor halaman atau page number tersebut dibuat secara manual diposisi yang diinginkan. Padahal dengan cara seperti itu apabila ada bagian dari dokumen yang akan di tambah atau di kurangi, nomor halaman yang dibuat secara manual tersebut ikut berubah pula posisinya dari semula. Selain itu kami juga sering menemukan nomor halaman yang ditutup secara manual, agar tidak terlihat dan menambahakan nomor halaman dengan cara manual pada posisi yang diinginkan pula.

Entah karena tidak tahu cara menghapus dan memindahkan posisi nomor halaman tersebut atau karena tidak mau repot saja.

Untuk itu kami akan membantu menjelaskan langkah-langkah membuat nomor halaman secara otomatis sesuai tempat yang diinginkan dengan singkat, jelas, padat.


Berikut langkah-langkahnya :

Pertama :

file yang akan dibuat halamannya
Buka file dokumen yang akan di buat halamannya. 
Kedua :
Rapihkan semua halaman yang masih belum rapih, serta menghapus nomor halaman manual yang sudah terlanjur dibuat, bila ada.
Ketiga :
Pastikan dahulu dimana posisi halaman secara umum akan dibuat misalnya setiap nomor halaman berada dipojok kanan dan setiap judul bab tanpa halaman atau berada pada posisi tengah bawah.

Cara pembuatannya : letakkan crusor dimana saja pada halaman pertama (misalkan cover). Pilih Insert + Page Number + Top of page + Plain Number 3. Hasil yang diperoleh adalah pada semua halaman akan muncul nomor halaman berada pada posisi pojok kanan atas.


Keempat :
Masih pada halaman cover dengan bagian page number masih aktif, pilih design dan centang pada different first page. Maka nomor pada halaman pertama otomatis hilang. Kemudian break halaman tersebut.
Kelima :
Letakkan crusor di depan kata yang akan di “break”. Kemudian pilih Page Layout + break + Next Page. Maka halaman tersebut akan turun atau pindah secara otomatis kehalaman berikutnya.
Pada halaman kedua (halaman kata pengantar) yang telah dibreak, otomatis nomor halamannya akan hilang juga.
Begitu seterusnya untuk setiap halaman awal bab. 

Kemudian di atur format nomor halaman tersebut sesuai keinginan.
selesai

Lain halnya bila pada halaman awal setiap bab akan di berikan nomor pada posisi yang berbeda maka ikuti langkah di bawah ini :

Keenam :
Pada halaman kata pengantar tadi pilih Insert + Bottom of page + Plain Number 2. Nomor halaman akan muncul pada bagian bawah halaman. Namun, nomor halaman tersebut juga akan muncul pada halaman pertama tadi. Untuk itu nomor halaman pada halaman pertama tadi perlu dihapus.
Ketujuh :
 
Double klik pada foother halaman pertama tersebut, kemudian pada menu Design, hilangkan centang Different first page. Maka nomor halaman pada halaman pertama (halaman judul akan hilang)

Kedelapan :
Untuk memformat nomor halaman letakkan crusor pada halaman kedua, kemudian pilih Insert + Page Number + Format Page Number. Pada jendela page number format pilih format penomoran dan di mulai dari nomor berapa.
Begitu seterusnya untuk penomoran halaman-halaman awal bab berikutnya.

Yang perlu diperhatikan adalah :

Break digunakan pada setiap awal kalimat bab terbaru jika anda menginginkan posisi nomor halamannya berbeda. Misalkan halaman awal bab I dengan posisi halaman di pojok kanan atas, maka secara otomatis awal bab setiap hamalan berikutnya mengikuti format pada bab I tadi.
Cukup mudah bukan, semoga cara yang kami sampaikan ini bermanfaat dan Anda tidak kebingungan lagi untuk membuat nomor halaman dengan variasi posisi.

No comments:

Post a Comment