Pengertian jilid softcover versi fotocopy brother - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Pengertian jilid softcover versi fotocopy brother

Jilid softcover. Mungkin banyak dari kita pernah melihat buku atau tugas kuliah atau dokumen lainnya hasil fotocopy dengan cover warna dan mengkilap, persis seperti buku-buku cetak pabrikan. Mirip seperti glossy paper buat cetak foto. Bagi yang belum pernah, berikut penampakaannya :


Gambar di atas adalah contoh buku asli dengan softcover bukan hasil kerja kami 

Di postingan kali ini kami akan menjelaskan pengertian jilid softcover menurut pemahaman dan bahasa kami. Jilid softcover merupakan salah salah satu teknik jilid tingkat lanjut yang biasa dikerjakan di dunia fotocopy. Jilid softcover salah satu turunan dari jilidsambung dan jilid langsung.

Sesuai namanya soft yang berarti lembut atau tipis, dan cover yang berarti bungkus atau sampul. Jadi, jilid softcover merupakan jilid langsung atau jilid sambung dengan sampul yang lembut dan dilaminasi.

Pada teknik jilid softcover, cover yang digunakan dapat berupa kertas buffalo yang biasa digunakan sebagai cover jilid lalu dilapisi dengan plastic laminasi pada permukaan cover setelah cover dicetak.

Tapi Anda jangan menganggap bahwa laminasi dan laminating adalah sama. Untuk penjelasan mengenai perbedaan antara laminating dan laminasi akan kami sampaikan pada postingan yang berikutnya yang berjudul “perbedaan teknik laminating dan laminasi”.

Sedikit bocoran saja : laminasi digunakan untuk melindungi kualitas hasil cetakan, melindungi cetakan berwarna emas atau silver yang menggunakan bahan khusus dan mudah hilang.
Untuk cetakan atau tulisan berwarna emas atau silver juga akan kami kupas tuntas pada postingan “cara mencetak tulisan berwana emas dan silver”. 

Maaf, jangan terlalu difikirkan mengenai laminasinya karena semua akan kami kupas pada postingan kami yang berikutnya. Sobat tinggal membuka archive blog fotocopy ini sesuai judul yang diinginkan. Hehehe… 

Hal tadi di atas Cuma intermezzo saja.. 

Kembali lagi ke topik kita yaitu jilid softcover.

Biasanya untuk jilid softcover thesis, setelah cover sudah jadi maka bagian dalam cover akan dilapisi lagi dengan karton berwarna putih berukuran A3. Lapisan ini berfungsi untuk menutup bagian sisi dalam cover dan bagian halaman pertama dokumen yang dijilid sehingga cover akan lebih tebal dan terlihat lebih cantik. Tapi pada umumnya tidak diperlukan lapisan ini. Lapisan karton putih ini sering kita jumpai pada teknik jilid hardcover. Untuk teknik jilid hardcover dapat Anda lihat pada artikel kami yang berjudul “Cara Jilid hard Cover”. 

Baiklah kami rasa cukup mengenai pengertian jilid softcover. Kami juga memposting mengenai cara atau tutorial pengerjaan Jilid Softcover.

Semua tulisan dalam postingan ini adalah murni hasil karya dari fotocopy brother. Seandainya ada perbedaan pengertian atau cara pengerjaan berdasarkan pengetahuan sobat. Sobat bisa berkomentar di sini. Karena kami rasa untuk menghasilkan kualitas kerja yang baik diperlukan metode yang benar dan mudah bagi orang yang mengerjakan. Seperti pepatah banyak jalan menuju Roma…hehehe..tidak ada yang salah, tergantung bagaimana kita mengimplementasikannya dalam karya kita.


No comments:

Post a Comment