Inilah cara Jilid Sambung cepat dengan alat sederhana dan efisien pada usaha fotocopy - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Inilah cara Jilid Sambung cepat dengan alat sederhana dan efisien pada usaha fotocopy



Pada artikel berikut ini kami akan menyampaikan tips atau cara jilid sambung yang sering dilakukan dalam pekerjaan fotocopy. Bagi yang tidak tahu apa Pengertian jilid sambung bisa membaca artikel kami mengenai pengertian jilid sambung.
Baiklah tidak usah berpanjang lebar untuk pembukaannya, kita langsung saja ke inti pembahasan. Seperti biasa, yang perlu kita siapkan adalah alat dan bahan :
1.      Holder dokumen
2.      Steples
3.      Palu
4.      Alat pemotong kertas
5.      Kertas cover
6.      Kuas
7.      Lem (dalam hal ini kami menggunakan lem fox, karena merekat dengan kuat)

Setelah semua alat dan bahan disiapkan maka tahap selanjutnya adalah memulai jilid sambung.

Berikut adalah langkah-langkah pengerjaan jilid sambung yang rapih dan efisien :

Pertama : siapkan dokumen yang akan dijilid. Fotocopy dokumen sesuai permintaan pelanggan, kemudian diletakkan pada satu tempat agar tidak memakan tempat. Tetap pengerjaan musti satu persatu.


Kedua : letakkan dokumen ke holder, lalu diratakan pada ke empat sisinya sampai tidak ada kertas yang menonjol keluar atau pun terlipat. Perataan terakhir sebaiknya pada sisi yang tidak di steples. Untuk kasus panjang kertas tidak sama, cukup diratakan di kedua sisi-sisinya saja (bagian atas dan bagian sisi yang tidak di steples). Proses ini harus dilakukan sampai dokumen benar-benar rata. 
catatan : jangan menekan holder terlalu kencang agar dokumen yang ada di dalamnya dapat bergeser ke arah yang di ratakan.

Ketiga : setelah dokumen rata atau rapih pada ke empat sisinya, tahap selanjutnya yaitu mensteples dokumen tersebut. Jumlah steples yang digunakan minimal 3 (kami sarankan menggunakan 5 anak steples agar saat menempel cover tidak bergelombang).


Keempat : ratakan semua anak steples tadi dengan menggunakan palu agar tidak menonjol dan merobek cover nantinya (seperti cara pada jilid lakban).
Lakukan keempat tahap ini sampai semua dokumen selesai dikerjakan. Saran kami jangan melangkah ke tahap selanjutnya sebelum semua pengerjaan dokumen melewati keempat tahap di atas.

Kelima : letakkan dokumen-dokumen tersebut ke dalam alat pemotong kertas. Bagian yang akan dipotong adalah bagian dokumen yang berada di dekat steples (lihat pada gambar). Letakkan dokumen sampai batas maksimal potong alat pemotong kertas. Jangan dilakukan satu persatu, karena akan memperlambat pengerjaan dan mengurangi ketajaman mata pisau akibat pengulangan pemotongan. Tahapan ini dilakukan karena nantinya bagian yang dipotong ini akan ditempel cover samping, sehingga bagian ini harus benar-benar rata (contohnya bagian sisi buku-buku pabrikan). Pemotongan dilakukan tidak lebih dari 0,5 cm (dapat diatur dari alat potong). Langkah ini harus dilakukan dengan teliti agar anak steples tidak terpotong, yang menyebabkan kerusakan pada mata pisau dan dokumen yang akan dijilid sambung. Langkah ini dilakukan sampai semua dokumen dipotong.

Keenam : Ambil satu dokumen yang sudah dipotong tadi sebagai mal atau parameter pembuatan cover sisi. Lipat kertas cover tersebut setebal ukuran dokumen. 

Ketujuh : setelah selesai melakukan pemotongan, tahap selanjutnya adalah meletakkan dokumen pada holder dokumen (seperti pada gambar). Kunci holder tersebut agar dokumen tidak bergerak.

Kedelapan : ambil cover siku yang sudah disiapkan, dan oleskan lem tipis dan merata menggunakan kuas sesuai ukuran cover.
 


Kesembilan : tempelkan cover tersebut pada dokumen yang telah dipasang pada holdernya. Setelah cover ditempel, lepaskan dari holdernya.

Langkah ketujuh sampai kesembilan dilakukan berulang sampai semua cover sisi terpasang pada dokumen.

Kesepuluh : Oleskan lem pada bagian cover yang akan ditempel tipis dan merata. Tempelkan cover depan dan belakang dokumen.

 Kesebelas : setelah semua cover ditempel, dokomen-dokumen tersebut dirapihkan lagi menggunakan alat pemotong kertas. Ingat, pemotongan kertas tidak lebih dari 0,5 cm pada setiap sisinya.

Demikian artikel kami mengenani cara jilid sambung cepat dengan alat sederhana dan efisien dalam usaha fotocopy, kami jamin hasil yang diperoleh tidak kalah dengan hasil pabrikan atau percetakan yang menggunakan alat jilid automatis. Bahkan menurut perhitungan kami, waktu pengerjaan jilid sambung perdokumen tidak lebih dari 5 menit.
Semua tulisan dan gambar di atas adalah murni hasil karya original dari Fotocopy Brother.


No comments:

Post a Comment