Cara membuat cover dengan Ms. Office - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Cara membuat cover dengan Ms. Office

Usaha fotocopy pastinya tidak lengkap bila tidak ada layanan jilid. Layanan jilid tidak akan bisa di jalankan dengan mulus bila tidak dapat membuat cover. Jadi hal-hal tersebut harus berhubungan.

Bila dicermati judul postingan ini, mungkin akan timbul pertanyaan “bagaimana cara membuat cover dengan Ms. Office?” atau Memangnya bisa membuat cover dengan Ms. Office. Tidak perlu bingung.

Sebenarnya judul postingan kali ini tepatnya adalah cara merancang cover buku menggunakan Ms. Word.

Merancang cover buku dengan Ms. Office adalah hal yang sangat mudah. Anda tinggal mengetik judul buku, memasukkan logo atau gambar, lalu print.

Hmmm… rasanya tidak sesederhana itu. Bagaimana jika cover yang diminta berukuran A3 untuk keperluan jilid langsung atau jilid softcover? Atau bagaimana jika diminta ada tulisan pada bagian sisi cover?

Jika masih terasa mudah, berarti Anda tidak termasuk orang yang memerlukan postingan ini. Namun, jika belum terpikirkan caranya, mari kita kupas bersama-sama caranya dengan teknik yang sederhana.

Silahkan membuka Ms. Office, lalu pilih Ms. Word. Kebetulan kami menggunakan Ms. Office 2010.
  • Pada menu Page Layout pilih Size, kemudian pilih ukuran kertas A3 297 x 420 mm. 









  



  • Masih pada Page Layout, sekarang pilih Orientation dan pilih Landscape.













  •  Masih pada Page Layout, tekan Columns lalu pilih Two.















  • Pada bagian Margins pilih Custom Margin, masukan nilai Top = 3, Bottom = 3, Left = 10, Right = 3. Lalu akan muncul peringatan Fix atau Ignore, pilih Ignore agar nilai margin dapat diterapkan pada dokumen.























    Cara di atas adalah untuk membuat halaman cover yang berukuran A4 pada kertas A3, dengan margin yang setara dengan nilai margin Top = 3, Bottom = 3, Left = 4, Right = 3 bila diaplikasikan pada kertas berukuran A4.

    Langkah selanjutnya adalah merancang draft cover yang akan dicetak.

      • Buat cover pada kolom kedua seperti gambar. Space antar baris kalimat sebesar 1, font Time New Roman, ukuran font 14, Bold. Tambahan Kalimat pada baris pertama menggunakan line spacing 2, pada baris sebelum logo, logo, dan NIM menggunakan line spacing multiple at 8.5. Sehingga jarak yang di hasilkan presisi.




        Sampai di sini, tahap pembuatan cover depan selesai.

        Langkah selanjutnya adalah membuat cover samping. 
        Pembuatan cover samping harus disesuaikan dengan ketebalan dokumen. Kebetulan dokumen yang kami gunakan memiliki ketebalan 2 cm.

        Tahapannya sebagai berikut :

        • Buatlah table pada kolom pertama (sebelah Kiri) seperti pada gambar, dari menu insert sebayak 4 baris. Lalu di entrikan jenis buku, judul penulis, tahun terbit seperti contoh. 









        • Lalu table diblok dan tekan menu Layout, lalu pilih text direction, sehingga posisi table berubah seperti pada gambar.

        • Kemudian atur lebar kolom sebesar 2 cm (dapat dilakukan manual dengan bantuan shapes yang dibuat sepanjang 2 cm). 




        • Lalu atur posisi kolom, dengan batas kanan sebesar 21 cm dari pinggir kertas, hapus border table. Sehingga hasil akhir seperti kami tunjukkan pada gambar. Setelah dokumen cover selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah mencetak cover tersebut sesuai warna cover yang diinginkan pada kertas berukuran A3.







          Sekian dulu postingan kami mengenai cara membuat/merancang/desain cover buku dengan menggunakan Ms. Office. Cara yang kami tunjukkan di atas merupakan cara yang sering kami gunakan untuk membuat cover buku/tugas yang menggunakan jilid langsung. dan ini original ditulis oleh fotocopy brother




          No comments:

          Post a Comment