Inilah cara jilid spiral yang mudah dan cepat - FC Brother

Spesialis Jilid dan Fotocopy

Inilah cara jilid spiral yang mudah dan cepat


Jilid spiral adalah tingkatan berikutnya dari teknik jilid yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya. Jika Anda belum membacanya silahkan membaca pada cara jilid lakban dan cara jilid sambung. Pada artikel berikut ini kami akan mengupas mengenai cara jilid spiral dengan mudah dan cepat.

“Mengapa kami selalu mengangkat tema mudah dan cepat pada judul artikel kami?”


“Apakah benar-benar mudah?”


“Apakah benar-benar cepat?”

Jawaban kami adalah Ya..

Dalam artikel ini kami akan memberikan cara jilid yang benar-benar sederhana dan sangat mudah untuk dipraktikan, sehingga kami harap dapat membantu para pengusaha fotocopy baru ataupun orang-orang awam untuk melakukannya sendiri di rumah.

Jilid spiral sebaiknya digunakan untuk dokumen yang masih ada kemungkinan di revisi agar lebih mudah untuk mengganti lembaran dokumen yang direvisi tanpa perlu merusak dokumen yang ada. Seandainya jumlah dokumen ditambah, kita tidak perlu repot-repot membongkar jilidan yang sudah jadi seperti halnya pada jilid lakban atau jilid sambung yang sifatnya dapat dikatakan permanen, kita tinggal melubangi dokumen yang baru, lalu menyelipkannya dibagian yang hendak ditambahkan, tanpa adanya kerusakan pada bagian dokumen yang lainnya, paling tinggal menyesuaikan ukuran spiral yang akan digunakan kemudian saja. Bila pada jilidan yang lain biasanya bagian cover akan rusak, sehingga perlu mengganti cover yang sudah dibuat. 

Pada dasarnya pengerjaan jilid spiral lebih sederhana daripada jilid lakban atau jilid sambung, namun menggunakan alat bantu yang cukup mahal, serta menggunakan bahan khusus yaitu spiral atau ring binder, sehingga membuat biaya jasa jilid spiral lebih tinggi dari pada jilid lakban ataupun jilid langsung.


Tahapan-tahapan jilid spiral

Pertama : Anda harus menyiapkan alat jilid spiral, bagi Anda yang tidak punya dapat meminta jasa fotocopy untuk melubangi dokumen yang akan Anda jilid.


Kedua : Siapkan dokumen yang akan dijilid. 
Ketiga : Masukkan dokumen yang akan dijilid ke dalam alat jilid spiral Anda. Biasanya untuk alat jilid spiral, jumlah dokumen yang dapat dimasukkan sebanyak 15 lembar. Saran kami, seandainyapun alat jilid spiral Anda dapat dimasukkan lebih dari 15 lembar sebaiknya masukkan sebanyak 15 lembar saja agar tidak terlalu berat saat melubangi dokumen tersebut.


Keempat : Siapkan ring binder / spiral. Sesuaikan ukuran spiral dengan ketebalan dokumen, kami sarankan menggunakan spiral yang tidak terlalu press (sebaiknya lebih lebar dari pada tebal dokumen) dengan ketebalan dokumen, agar tidak terlepas saat dokumen dibuka.
Kelima : setelah semua dokumen dilubangi, siapkan spiral atau ring binder panjang jumlah lubang pada dokumen Anda. Kemudian letakkan pada tempat membuka ring binder tersebut. Letakkan dengan posisi spiral yang bisa dibuka pada bagian atas. Biasanya terletak di bagian atas alat jilid spiral. Buka spiral selebar-lebarnya.

Keenam : letakkan dokumen dengan posisi vertikal ke arah lubang spiral dengan posisi depan menghadap ke Anda agar nantinya bagian spiral yang terbuka berada pada bagian belakang dokumen. Sedikit demi sedikit kurangi bukaan spiral dengan menarik gagang alat jilid spiral ke arah Anda. Sampai semua spiral masuk pada lubang dokumen Anda.


Ketujuh : Selesai.

Sekian postingan dari kami mengenai cara jilid spiral, kami harap postingan sederhana ini dapat membantu Anda yang belum tahu dan ingin tahu cara menjilid spiral. Kami sampaikan juga, cara yang kami sampikan merupakan cara yang selalu kami gunakan atau aplikasikan dalam setiap pekerjaan kami. Bagi yang sudah tahu ya tidak perlu baca postingan ini. hehehe

No comments:

Post a Comment